Entri Populer

Jumat, 26 November 2010

B2C


RESUME :
Definisi B2C
Business to Consumer(B2C) adalah sebuah proses yang terjadi apabila organisasi atau perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumennya melaui jaringan internet atau system Online

Definisi lain B2C
·         Bussines To Consumer (B2C) merupakan transaksi ritel dengan pembeli individual Menurut :Munir Fuady
·         Bussines to Consumer (B2C) juga dapat berarti mekanisme toko online (electronic shoping mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer
Menurut: onnno W.Purbo

Karakteristik B2C
·         Terbuka untuk umum,dimana informasi di sebarkan ke umum.
·         Servis yang di berikan umum(generic) dengan mekanisme yang dapat di gunakan oleh khalayak ramai.Sebagai contoh , karena system web sudah umum digunakan maka servis di berikan dengan menggunakan basis web.
·         Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand).Consumer melakukan inisiatif dan prosedur harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.

Strategi B2C pada e-commerce
·                       Beberapa sasaran yang harus dicapai setelah memahami bisnis B2C diantaranya :
v  Kebanyakan produksi dan jasa menjadi tersedia pengiriman digital
v  Konsumen mengatasii keengganannya berbelanja Web
v  Kecepatan komunikasi yang tinggi telah memuat pengiriman produk digital mudah.
v  Ketakutan terhadap pencurian informasi (seperti info kartu kredit) telah digantikan dengan kepercayaaanyang besar bahwa informasi rahasia akan di jaga  dengan aman

Perkembangan B2C
·         Pada awalnya internet belum menyediakan layanan untuk bertransaksi bagi konsumen
·         Banyak usaha dilakukan tetapi tidak berhasil
·         Pada tahun 1984 diviptakan system transaksi perbankan secara online oleh AT&T,tetapi tidak berhasil dikarenakan infrastruktur belum memadai
·         Pada tahun 2000 diperkenalkan situs beklanja online yang bernama Amazon.com
·         Setelah saat itu mulai banyak bermunculan situs – situs transaksi online yang mengusung prinsip B2C

Promotion

 
Aktifitas B2C
 




Produk B2C
§  Produk Digital : seperti lagu,album,film,program computer dan update dan jasanya.
§  Produk Fisik : Penjual dapat membuat melalui internet , namun pengiriman harus diatur.Perkembangan surat pribadi / perusahaan pengiriman barang tidak langsung membantu e-commerce
kunci perbedaan antara produk digital dan fisik bahwa dapat dikonsumsi sesegera mungkin setelah diunduh.








 B2B

Definisi B2B
Merupakan system komunikasi antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar

Konsep B2B
Transaksi bisnis di jalankan melalui internet, extranet,atau jaringan intern perusahaan, juga di kenal sebagai eB2B (electronic B2B)

Karakteristik B2B
·         Salah satu pelaku tidak harus menunggu Partner mereka lainnya untuk mengirimkan data
·         Model yang umum di gunakan adalah peer to peer , di mana prosesing intelligence dapat di distribusikan di kedua pelaku bisnis
·         Trading Partner : Pertukaraan informasi hanya berlangsung diantara mereka dank arena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan
·         Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berkala dengan format data yang telah di sepakati. Jadi service yang dipegunakan antar kedua system tersebut sama dan menggunakan standart yang sama pula

B2B Exchange
Gagasan dasar dari B2B Exchange adalah membuat lebih mempermudah suatu perusahaan untuk temukan barang- barang yang mereka perlukan, bertransaksi secara lengkap dan untuk menyimpan uang sampai ada barang-barang yang di perjual atau belikan dengan sekal besar

Klasifikasi B2B Exchange
·           Systematic Sourcing
Pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang hubungan antar supplier dengan pembeli
·           Spot Sourcing
Pembelian tidak di rencanakan, seperti kebutuhan
·           Vertical Exchange
Suatu pertukAran yang anggotanya adalah di (dalam) satu orang)industry atau industry segmen
·           Horizontal exchange
Suatu pertukaran yang menangani material menukar tambah bebrapa industry berbeda

Aktivitas B2B

 




B2B Market Place
-       One to Many
Pasar yang di kelola oleh satu perusahaan (supplier) yang menyediakan dari mulai catalog penawaran produk dan harganya
-       Many to One
Pasar yang di kelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender
-       Some to Many
Gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk di tawarkan kebanyak orang







Tidak ada komentar:

Posting Komentar